Labels

Cari di blog ini

Development Portfolio PyroCMS

Modul Stream Schema untuk PyroCMS

2 comments
Saya sudah sekitar 2 tahunan lebih pake PyroCMS. Alasannya simpel, karena saya biasa ngoding PHP menggunakan framework Codeigniter dan perlu sistem yang ga mesti mulai dari nol tiap kali bikin produk. Tadinya sempet mau bikin yang kayak gitu, semacam CMS. Taunya setelah nyari-nyari udah ada orang bikin CMS berbasis Codeigniter, dan PyroCMS-lah pilihan terbaik yang saya perlukan.

Hal yang paling saya suka dari PyroCMS adalah PyroStream. PyroStream ini adalah salahsatu modul berbayar di PyroCMS yang mana dengannya saya bisa bikin koleksi data dengan field apapun yang saya perlukan, atau istilahnya custom field. Alih-alih harus bikin skema database lalu bikin modul sendiri (meskipun untuk itu sudah dibuat gampang banget ama PyroCMS), untuk keperluan koleksi data yang cukup sederhana PyroStream adalah solusi yang pas. Saya tinggal bikin stream (setara tabel kalo di database) lalu definisikan field apa saja yang diperlukan, dan Jengjeeeeng, tampilan list data, form add dan edit data sudah dibuatkan tanpa harus ngoding! Ajiib!

Lebih lanjut, PyroStream ini bermanfaat juga buat bikin modul sendiri. Saya bisa bikin tabelnya menggunakan PyroStream lalu memanfaatkan API dari PyroStream ini untuk melakukan sejumlah pekerjaan CRUD, sehingga proses bikin modul lebih simpel lagi.

Ternyata dari sekian kemudahan menggunakan PyroStream, ada beberapa pekerjaan rutin yang selalu dilakukan yang bisa disederhanakan. Misalnya setelah membuat skema database menggunakan PyroStream, saya harus membuat kode untuk menginstal tabel PyroStream di modul saya supaya saya tidak mesti membuat skema stream tersebut berulang-ulang setiap kali mau menggunakan modul yang saya buat tersebut. Terus, karena PyroStream dibuat untuk keperluan koleksi data secara instan, jadi memang belum tersedianya fitur import/export skema stream yang seringkali saya perlukan ketika membuat stream di komputer lokal dan hendak memindahkannya ke PyroCMS di server. Nah, kebutuhan-kebutuhan inilah yang melandasi saya untuk membuat modul bernama Stream Schema. Wow, intermezzonya panjang skalii. Memang harus saya jelaskan dari latar belakangnya supaya kegunaan modul ini bisa lebih dipahami.

Modul Stream Schema ini punya beberapa fitur. Pertama adalah import/export skema stream. Praktisnya begini. Misalkan kita mau bikin stream tapi pingin bikin dulu di komputer lokal dengan alasan kecepatan load dan menghemat quota internet. Nanti setelah selesai sampai ke tahap penampilan data, barulah skema streamnya kita ekspor ke file backup skema menggunakan Stream Schema untuk kemudian diimpor ke PyroCMS di server online. Impornya pake modul Stream Schema juga yang udah diinstalin di PyroCMS yang di server. Fitur kedua adalah konversi skema stream ke dalam bentuk kode instalasi modul. Ini bermanfaat buat developer PyroCMS yang suka bikin modul PyroCMS dan mau manfaatin API PyroStream buat managemen CRUD datanya. Fitur ketiga adalah ekspor data dari suatu stream ke dalam bentuk csv. Ini kadang diperlukan oleh klien yang pingin sejumlah data dan ingin hasil dari data yang dikoleksi tersebut ke dalam bentuk spreadsheet.

Kalo kamu developer PyroCMS dan tertarik atau suka pake PyroStream, kamu boleh coba modul yang saya buat ini. Tadinya saya listing modul ini ke PyroCMS store, tapi karena approvalnya lama (mungkin para pengembang utamanya lagi pada sibuk ngembangin PyroCMS ke versi 2.3 dan 3.0, terutama porting core dari Codeigniter ke Laravel) jadi saya posting duluan aja di blog. Modul ini bisa diunduh di repo github disini.

Semoga bermanfaat! :D

2 komentar:

  1. Terima kasih,
    Mempermudah buat bikin module dgn stream core (maklum cuma pake pyro community edition hehe)
    Sekali lagi terima kasih gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah syukurlah kalo ada yang bisa manfaatin..
      Kalo ada bugs kasih tau aja yaa di issue github atau boleh pull request kesitu.
      Terima kasih :D

      Hapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^