Labels

Cari di blog ini

Bisnis Pendidikan

Data Waralaba 2012

Silakan Ngomen
Sekitar akhir tahun 2012 lalu semper ikutan training dan seminar bisnis. Udah hampir lupa apa aja yang dibahas waktu itu. Tapi ketika iseng-iseng buka-buka folder dokumen, nemu satu file yang mengingatkan saya pada seminar yang saya maksudkan tadi. File itu adalah data waralaba.

Data waralaba ini berisi sekitar 170 merk waralaba yang sudah terkenal dan belum banyak dikenal di Indonesia, lengkap dengan jenis bisnis dan konsep usaha (franchise, license atau business opportunity) sampai harga dan hitungan singkat investasinya serta nomor kontak yang bisa dihubungi. Data ini, kalo dilihat dari waktu dibuatnya file, dibuat bulan Oktober 2012. Memang agak out of date. Tapi buat orang-orang yang belum pernah liat daftar waralaba, file ini bisa jadi gambaran umumya. kisaran harganya untuk saat ini mungkin naik sekitar 10-20% dari harga yang tercantum di dokumen tersebut. Itu taksiran kasar saya aja sih, tanpa landasan apapun, murni perkiraan hehe.

Sampai saat ini file tersebut belum bermanfaat banyak buat saya selain memberikan gambaran kisaran harga franchise dan jenis-jenis usaha apa saja yang sudah diwaralabakan. Sebagai contoh, waralaba dengan produk kebab ternyata banyak jumlahnya, ada tujuh, diluar beberapa yang pernah saya temui di jalanan. Terus, ternyata ada waralaba yang harga investasi awalnya nyampe 3,6 milyar, dengan potensi cash profit per bulan mencapai 200 juta.

Saya lupa apakah data ini khusus buat peserta seminar saja atau tidak. Tapi, karena data ini sudah lewat setahun, jadi mungkin ga masalah kali ya. Silakan dieksplorasi dan dibuat asyik hehe.. Unduh disini. Tapi please, karena data ini saya dapat dan saya sebarkan tanpa pungutan biaya apapun, jadi saya harap ini dapat disebar ulang juga tanpa pungutan biaya apapun alias gratis. Okeh. Semoga bermanfaat. ;)

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^