Labels

Cari di blog ini

Alpro Development PHP

Program Operasi Dasar Matriks

5 comments
Bismillah.
Hai, kawan-kawan pecinta coding!! Di label algoritma kali ini saya akan mencoba share program operasi dasar perhitungan matriks. Sebenarnya pingin banget ngebahas algoritmanya, tapi bingung juga harus mulai dari mana. Akhirnya saya kasih judul 'Program Operasi Dasar Matriks'. Meski demikian, programnya tetap jalan sesuai dengan harapan (perhitungan). Check this out.

Program yang akan kita buat ini meliputi operasi perhitungan determinan dari sebuah matriks ordo n, transpose matriks, minor dan kofaktor matriks, adjoin matriks, dan invers matriks. Buat tambah kurang dan kali mah kawan-kawan bisa kali yaa. Bahasa pemrograman yang saya gunakan adalah PHP, karena relatif lebih gampang dibanding bahasa pemrograman lainnya (ga perlu deklarasi variabel, layouting gampang, dan banyak lagi kemudahannya, haha.. I like PHP! ^^).

Sedikit intermezzo, karena salah satu tujuan dibuatnya suatu program atau aplikasi komputer adalah untuk memudahkan urusan manusia, maka -kembali ke tema- program ini pun kita buat untuk dapat menyelesaikan operasi perhitungan matriks ber-ordo n dimana 3 <= n < ~ (matriks ordo 3 sampai tak terbatas). Kamu nantinya dapat menginputkan nilai 1000 untuk ordo matriksnya, tapi nikmati juga leletnya program atau program bikin komputer kamu hang atau aplikasi tidak berjalan sama sekali.

Langsung aja deh. Langkah pertama adalah membuat form masukan untuk matriks yang akan kita proses nantinya. Paling sederhananya kita bikin form input bertype text dengan jumlah n x n secara hardcode, pengennya 5 x 5 ya bikin sebanyak 5 x 5, dan seterusnya. 'Agak' rumitnya ya kita bikin form masukan matriks yang dinamis, dengan memasukkan nilai n untuk ordo, lalu program akan meng-generate form untuk kita sebanyak n x n. Kebayang?? Yah, screenshoot-nya kira-kira gini laa.

From Blogger Pictures

Langkah kedua adalah mengirim data dari form yang udah diisi tadi ke program utama dan mengolahnya, lalu menampilkan hasilnya. Hasilnya kira2 seperti ini.

From Blogger Pictures

Oke deh, daripada baca penjelasan saya yang belum tentu bisa dimengerti, mending langsung aja pelajari source code yang udah jadi. Saya udah menyisipkan beberapa komentar di dalamnya, mudah2an sedikitnya membantu. Donlot langsung za DISINI.

Selamat bercoding riaa!!

5 komentar:

  1. terima kasih banyak atas ilmunya..
    ini sangat bermanfaat buat saya.
    saya jg ijin mendownload...

    thanks,,
    elysa

    BalasHapus
  2. sipsip. syukurlah kalo bermanfaat. terima kasih.

    BalasHapus
  3. mas link nya udah ga berlaku bisa di upload ulang ?

    BalasHapus
  4. mas file nya sudah tidak berlaku di 4share. mohon pencerahan

    BalasHapus
  5. Mohon maaf sodara2, linknya ternyata dihapus sama 4shared. mungkin karena dulu saya uploadnya tanpa register. Mohon maaf kalo ada waktu saya tulis ulang programnya, soalnya di komputer udah ga ada :(

    BalasHapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^