Labels

Cari di blog ini

Daily Ubuntu

Mengganti Sepenuhnya GNOME Panel dengan Avant Window Navigator (AWN)

1 comment
Bismillah.
Syukur akhirnya nemu juga cara buat menghapus atau menghilangkan Gnome Panel di ubuntu 10.04 dan mengganti sepenuhnya dengan Avant Window Navigator atau Awn. Info ini saya dapatkan dari mas Opik (guru Ubuntu saya), dan artikel yang membahas tentang itu ada di http://www.omgubuntu.co.uk/2010/09/how-to-fully-replace-your-gnome-panels-with-awn/. Artikel ini saya buat untuk memudahkan pembaca mencoba trik yang satu ini. Check This out!

Oia, ini contoh screenshoot ubuntu desktop di laptop saya. ^^


From Blogger Pictures

Pertama-tama kita harus mempersiapkan terlebih dahulu Avant Window Manager sebagai pengganti GNOME Panel. Untuk mulai menginstal ketikkan baris perintah berikut pada terminal (tentu saja saat komputer dalam keadaan online) untuk menambah repository:

sudo add-apt-repository ppa:awn-testing/ppa && sudo apt-get update

lalu ketikkan baris berikut untuk menginstal program AWN:

sudo apt-get install avant-window-navigator-trunk python-awn-extras-trunk awn-applets-c-extras-trunk dockmanager-daemon dockmanager

Apabila proses penginstalan gagal, coba masukkan terlebih dahulu baris berikut,

sudo apt-get -f install

lalu ulangi baris perintah install AWN tadi.

Setelah selesai menginstall, jalankan program dengan mengetik perintah avant-window-navigator pada terminal, atau pilih program pada menu > Accessories > Avant Window Navigator, maka akan muncul bar Awn. Buka Awn Settings, lalu centang checkbox Start Awn Automaticaly dan Expand the panel.

Kalo pingin tampilannya kayak di desktop saya, pada tab Preferences pilih style Lucido dan pada tab Themes pilih tema yang previewnya mirip-mirip gitu, apapun namanya. Kalo ga ada, donlot dulu deh disini. Setelah beres donlot, pilih button Install lalu pilih tema tadi.

Sip!! Mudah-mudahan tidak ada kendala.

Tambahan:
Untuk menambah kelengkapan, install za file-file yang lain untuk Awn dengan baris perintah berikut:

sudo apt-get install awn-applets-c-core

Langkah kedua, saatnya menghilangkan GNOME Panel.
Buka Gconf Editor dengan memanggil gconf-editor lewat terminal.
Navigasikan halaman ke desktop > gnome > session > required_components > panel dan ganti nilai “gnome-panel” menjadi “avant-window-navigator” (tanpa tanda kutip).
Reboot Ubuntu lalu lihat hasilnya.
kalo ga bisa, ya tinggal ganti lagi aja "avant-window-navigator" ke "gnome-panel".

TIPS:
biar ga perlu nunggu lama buat reboot hanya untuk liat hasilnya, ada cara simple untuk merestart desktop. Tinggal pencet tombol Ctrl + Alt + F2 ntar muncul halaman fullscreen console (sebenernya langsung pake terminal juga bisa), lalu ketikkan perintah sudo service gdm restart dan tekan enter.

Selesai!! Selamat bereksperimen! ^^

1 komentar:

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^