Labels

Cari di blog ini

Bisnis Daily Tips

Memastikan Postingan Asli atau Palsu di Olx.co.id

Silakan Ngomen
Seharian ini cari-cari laptop bekas di Kaskus, Olx dan Berniaga. Ternyata dalam satu hari, terutama di Olx, itu postingan terkait laptop berkas bisa sampe ratusan, sepertinya. Soalnya, postingan produk bertambah setiap jamnya. Dalam satu jam, produk yang diposting terkait laptop itu bisa nyampe 50-60 posting. Saya yakin pastinya ada aja yang posting produk yang tipu-tipu alias tidak ada barangnya.

Setelah saya pelajari, ternyata ada beberapa gejala yang mengindikasikan suatu posting produk (terutama di Olx) yang kemungkinan besar tidak ada produknya alias tipu-tipu. Beberapa ciri yang bisa kita amati diantaranya:

Foto produk menggunakan foto yang sudah dipakai oleh orang lain. Untuk mengecek ini kita bisa memanfaatkan layanan google images (http://images.google.com). Tinggal donlot foto yang mau dicek lalu drag ke kotak pencarian di google image. Bila muncul dua atau lebih hasil postingan dengan foto yang sama, kita bisa pastikan hanya satu yang asli, sisanya palsu.

Coba perhatikan profil si penjual. Biasanya untuk setiap posting produk dipasang juga lokasi si penjualnya. Hal ini dikarenakan cara paling aman adalah dengan Cash on Delivery atau ketemuan langsung. Supaya bisa ketemuan langsung maka biasanya orang akan cari lokasi penjual terdekat. Maka lokasi menjadi hal yang penting. Saya menemukan beberapa profil penjual di Olx yang memposting beberapa produk yang sama atau mirip, tapi lokasinya berbeda-beda. Kasus seperti ini hampir bisa dipastikan si penjual tidak akan bisa ketemuan dengan kita dan memperlihatkan produknya, sehingga kalaupun terjadi transaksi, dia akan menawarkan dengan cara pengiriman barang, dan ini sangat dikhawatirkan terjadi penipuan. Profile penjual seperti ini saya sarankan ditinggalkan saja :)

Coba kenali harga. Saya menemukan penjual yang memenuhi poin 1 (posting dengan foto milik orang lain) dan 2 (posting dengan lokasi yang berbeda-beda), ternyata dia memasang harga jauh di bawah standar. Misalnya laptop dengan prosesor Core i3 dijual 1,1 juta. Ini tidak masuk akal. Kalopun memang benar ada, untuk kasus orang ini, dia posting dengan foto milik orang lain. Kita bisa asumsikan dia punya maksud lain selain berjualan dengan cara yang benar. So, lihatlah harga secara objektif. Jangan tergiur dengan harga murah untuk spek yang tinggi.

Demikian beberapa analisis saya terkait postingan asli atau palsu di Olx dan Berniaga. Saya sarankan untuk selalu pilih produk yang bisa ketemuan langsung sehingga kita bisa mengecek barangnya langsung. :)

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^