Labels

Cari di blog ini

Codeigniter Daily Development PHP Tutorial

'Allahumma, Paksakeun'

Silakan Ngomen
Akhirnyaaa, ide yang kemaren saya lupa datang lagi menagih untuk ditulis. Ide tulisannya tentang 'Cut' dan 'Allahumma Paksakeun'. Ini dua mantra adalah senjata yang cukup ampuh yang selama ini saya terapkan dalam hidup. Tentang Cut itu nanti saya posting setelah ini saja.

Dulu pernah waktu pesantren atau kapan yah, salah satu ustadz mengajarkan saya suatu mantera yang bisa mengusr kemalasan. Bunyi manteranya yaitu "Allahumma, paksakeun!". Oh ya, beliau yang dulu bilang itu adalah guru di Syufu Taesyukhan. Namanya tiba-tiba saya lupa. Beliau memberi kami motivasi supaya rajin latihan, sekalipun sedang males. Kalo males, bagaimanapun caranya harus "Allahumma, paksakeun!". Karena, you know, sebenernya satu-satunya jurus ampuh menghancurkan kemalasan adalah dengan tidak malas. Bergerak, lakukan sekarang juga!

Hari ini, entah kenapa baru kali ini saya merasa begitu males buat bikin tutorial. Ceritanya saya dapet tugas dari redaktur NyankodMagz, Bang Bejo, buat bikin artikel tutorial FlappyNyan. Satu minggu, dua minggu, kok ga beres-beres yah. Hari ini saya janjiin buat beresin itu tutorial. Mestinya hari ini bisa beres karena kerjaan di proyek multimedia udah beres, tinggal review akhir. Tapi ya ampun, kok masih males yah. Ya udah saya keluar sejenak dan duduk-duduk di teras GIK (Gedung Ilmu Komputer). Ketemu sama temen-temen angkatan 2011-2012 yang lagi pada galau mikirin UAS dan TuBes. TuBES itu singkatan dari Tugas BESAR, tugas yang diberikan oleh suatu mata kuliah yang lebih besar dari tugas-tugas kecil. Contohnya bikin aplikasi, bikin yang gede-gede lah. Kalo tugas yang kecil-kecil kan kayak ngerjain soal dan sebagainya.

Mereka nanya ini itu tentang CodeIgniter, karena mereka lagi pada ngontrak mata kuliah Pemrograman Internet. Dari situ tiba-tiba kepikiran buat jelasin pertanyaan-pertanyaan mereka dalam bentuk tutorial. Aneh. Tutorial yang FlappyNyan aja belom beres, malah pengen bikin tutorial lain. Alhasil, balik lagi ke lab, dan jadilah tutorial Penggunaan Library HTML2FPDF pada CodeIgniter (-___-)a.. Hahaha.. engga deng, itu cuma ada di dalam angan saya. Udah banyak orang bikin tentang HTML2PDF di CodeIgniter, jadi ga perlu bikin lagi. Contoh kodenya ada disini https://github.com/aiwmedia/HTML2PDF-CI dan https://github.com/andisulistyonugroho/codeigniter-html2pdf-library. Silakan dicoba.

Tapi karena saya sudah janji sama Kresna buat beresin tutorial FlappyNyan hari ini, maka saya akan buktikan kalo hari ini bisa selesai. Mudah-mudahan tidak ada halangan. Sekalipun males, tapi harus beres! Yang lagi pada Tubes juga, ayo kerjakan segera dan jangan tunda. Kalo males melanda, kepalkan tangan dan teriakkan mantra "Allahumma, Paksakeun!!!" lalu kerjakan dengan SEMANGAT!!

Update: Nama Ustadz Syufu yang ngasih mantera tersebut ialah Kang Iman. Nama panjangnya ga tau. Hatur nuhun, Kang. Sangat menginspirasi :D

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^