Labels

Cari di blog ini

Daily Nonton Tafakur

Ceritanya Mau Ngejelasin Racun Curare

2 comments
Akhir-akhir ini rasanya malam jadi susah tidur dan pagi jadi sering ngantuk. Mungkin karena beberapa minggu lalu ngerjain proyek sampe nginep-nginep di lab sambil begadang sampe subuh lalu tidur setelah solat shubuh, sehingga sepertinya jadwal tubuhku berubah. Seperti malam ini. Habis nonton bareng sama si Ayay. Ayay itu panggilan saya buat istri saya, dan itu khusus buat saya saja yang boleh pake. Kalo kamu mau manggil istri saya dengan sebutan selain nama, silakan pake nama Kibu. Iya, kami nonton film serial Arrow. Jangan tanya dari mana saya dapat, karena saya ga ngebajak. Cuma dikasih teman saja, itupun dia yang nawarin buat dikopiin ke harddisk saya.

Saya nonton ampe episode ke-3. Saat itu beres, si Kibu sudah ketiduran. Di episode ketiga itu saya dapet istilah curare. Saya serta merta mengingat-ingat kembali darimana saya dapet istilah itu sebelumnya. Ternyata saya ingat. Istilah itu juga digunakan di dalam film serial Sherlock BBC. Kalo episode keberapanya saya lupa dan males nginget-ngingetnya. Curare itu nama salahsatu jenis racun. Karena penasaran jadi saya googling deh. Nemu beberapa referensi dari blog-blog berbahasa Indonesia. Lumayan ada gambaran, tapi sepertinya ga selengkap dari apa yang saya temukan di Wikipedia. Yang bahasa Indonesianya ga ada. Pengen kontribusi, tapi lagi malas dan malas pake mantera "Allohumma, Paksakeun". Tautannya disini http://en.wikipedia.org/wiki/Curare. Kamu juga pasti bisa nemu kalo mau googling. Tapi kan ada malesnya kalo engga bener-bener niat pengen tau. Jadi saya jelasin sekilas disini, sebagai ganjaran dari kamu yang sudah bersusah payah buka blog saya. Penjelasan berikut saya rangkum dari tautan yang diatas itu.

Curare, adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai ekstrak tanaman alkaloid yang biasa digunakan sebagai racun panah, yang berasal dari Amerika tengah dan Selatan. Racun ini melemahkan otot-otot rangka dan pada dosis tertentu menyebabkan kematian oleh sesak napas karena kelumpuhan diafragma. Racun ini digunakan oleh orang-orang pribumi Amerika Selatan untuk berburu dan berperang.

Waduh panjang dan belibet gening penjelasannya. Yaudah kalo ada waktu dan niat, nanti saya sambung lagi. Udah malem, mesti tidur biar besok ga ngantuk di motor hehe..

2 komentar:

  1. Heh aku belum tidur pas si curare itu muncul loh.
    >_<

    BalasHapus
  2. Oh iya ya, hehe.. gpp lah, luluskan apa adanya

    BalasHapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^