Labels

Cari di blog ini

Daily Diary Rezeki pictures

Proyek Multimedia Aseek

6 comments
Sudah sejak pertengahan bulan Maret saya ikutan proyek pengembangan media pembelajaran untuk SMP kelas 1 semeser 1. Ini proyek kali pertama saya dapet yang temanya bukan ngoding. hampir 90% media: syuting, editing video, recording narasi, bikin slide html dan evaluasi flash. Yang dua terakhir ada ngodingnya dikit. Tapi overall ini proyek media yang saya tidak nyentuh logic code.

Lumayan rame, karena berbeda dengan proyek pengembangan aplikasi yang minim interaksi, disini banyak sekali interaksi antar anggota. Karena saya sebagai tim managemen, jadi saya punya tugas buat mengatur jalannya proyek mulai dari pengumpulan asset (video, audio, konten) dan juga memantau keluar-masuk kas. Alhasil, yang tentang kas ini, sampe bolong 1 jutaan karena ada anggaran keluar yang ga kecatet hahahaa~

Disini juga saya jadi kenal beberapa mahasiswa angkatan 2010, 2011, 2012, 2013 (saya sendiri 2008, udah basi) karena mereka juga ikut terlibat di proyek ini. Mereka ikut karena beberapa dari mereka adalah kru lab multimedia, diantaranya Retno (biasa dipanggil Eno, ini dia angkatan 2011. Akhir2 saya baru tau dia suka dagang kerudung dan pacaran sama Aldi), Handoko (biasa dipanggil Han, Ko, Wo (karena namanya Siswo Handoko), Doko. Awalnya saya kira dia angkatan lama karena badannya gede banget kayak Hulk), Lia (dipanggilnya begitu, padahal nama lengkapnya Machrita Aulia Fitri, sangat fanatik dengan PeterAnswers), Kukuh (nama aslinya Muhammad Kukuh, ga tau kenapa tapi banyak dosen yang mention dia. Mungkin karena kegantengannya), Ghiffari (biasa dipanggil Empay atau Tupay, ga tau kenapa. Saya pernah nanya tapi ga inget, mungkin karena badan dia besar atau sayanya yang ga ngerti), Puji (dipanggilnya Uji, nama usernamenya ujirahma, pinter ngegambar, dan pada saat tulisan ini diposting, dia genap berumur 21 kalo ga salah). Lima terakhir itu angkatan 2012. Saya ga bisa ngebedain karena saya cuma kenal banyak maksimal sampe angkatan 2010. Sisanya kebawah terlihat seperti sama-sama satu angkatan semua.

Di bulan April ternyata kami butuh mobil karena harus survey dan ambil gambar disana-sini. Itu karena kami dapet jatah mata pelajaran prakarya dengan bab penjernihan air dan kerajinan. Yang kerajinan ini yang lebih menguras tenaga, waktu dan biaya, karena harus ambil gambar kerajinan-kerajinan dari 8 bahan alam. Akhirnya kami sewa mobil 2 bulan. Karena ada mobil berarti harus ada supir. Maka kami hire lagi satu orang pembalap dari ilkom, namanya Asep (dipanggilnya Asep Otot. Slogannya "ini bisep (sambil nunjuk bisep dia), ini trisep (sambil nunjuk trisep dia), dan ini Asep (sambil nunjuk dada dia), udah kenal mobil sejak kecil). Di lain judul akan saya bahas perjalanan-perjalanan kami ke tempat-tempat kerajinan.

Karena sebagian dari skenarionya ada adegan diskusi anak-anak SMP, maka kami berpikir keras gimana caranya supaya bisa. Iya, karena terbayang akan sangat lama kalo pake anak SMP beneran. Akhirnya kami hire lagi artis ilkom, yang mirip anak SMP (tubuh kecil, imut dan polos). Dapetlah 4 orang talent: Anjar (angkatan 2013, pemeran Pandu, seneng banget nyebutin "Temen-temen.."), Asep (Nama aslinya Asep Hidayat, pemeran Lucky. Hingga akhir syuting, dialah pemecah rekor tak terkalahkan yang paling banyak ngabisin shoot wkwkwk..), Retno (pemeran Asri, anak lab multimedia tadi), dan Fenti (angkatan 2012, pemeran Airin, kalo kata Asep Otot "banyak yang ngincer", salahsatunya si Raksa).

Ada syuting pasti ada dong yang pegang kamera. Dialah Fadil (sekelas sama saya, angkatan telat, udah pro dan mirip Shun Oguri) dan Raksa (angkatan 2010, anggota UKM Performa juga sama si Fadil). Kami bertiga penggemar Pidi Baiq dan tulisan-tulisannya. Pernah satu waktu kami sampe ngebelain ke Bandung dulu buat ngejar launching buku Dilan di Braga, padahal lagi syuting di Tasik dan besoknya mesti syuting ke Cirebon.

Ada juga Singgih, satu kelas sama saya, cuma dia ga kompak karena sudah lulus duluan. Dia bagian managerial lapangan. Kerjanya beresin, nyapu-nyapu, dan ngepel lapangan :P. Ada juga Vera, angkatan 2010, jago konten. Hampir semua konten diberesin sama dia dan Lia. Kalo saya, udah mati itu ngerjain konsepan. lalu ada Sarah, angkatan 2011. Dia putrinya Pak Wawan empunya proyek dan pimpinan lab AI. Dia bagian pengisi suara/narasi. Dan terakhir Adit, sama sekelas juga sama saya angkatan tua. Dia bagian ngedit audio dan ngambilin suara orang tanpa izin.

Salahsatu event syuting di lab, pemerannya si Lubis
Para Talent (kiri-kanan: Pandu, Airin, Asri, Lucky)
Lain waktu saya pingin cerita beberapa detail kegiatan proyek ini, yang tidak formalnya. Thanks for reading :)

6 komentar:

  1. Huoooaaaah rame pisaaaan :D
    Ari kamu si handoko disebut Hulk. ckckckckck bejakeun hayoh, ngke digiles oops XD becandaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. ga akan. Dia punya kata-kata favorit "nyantai aja Kang.."

      Hapus
  2. ihh aku sebagai pemeran pembantu gak disebut ihh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan disebut di caption foto. Porsi ente emang segitu wkwkwk

      Hapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^