Labels

Cari di blog ini

Daily doodle pictures

Deepen and Darken

2 comments
Rada bingung juga kalo ngebandingin doodle buatan orang yang ada di deviantart dengan doodle buatan sendiri, dari segi ketajaman dan kekontrasan warna. Aku liat seperti doodle yang ada disini http://365-daysofdoodles.deviantart.com/, itu warna blok hitamnya tegas banget. Goresannya pun sangat rapi. Beda sama doodle hasil jepretanku.


Coba perhatikan doodle di atas. Warna hitamnya tegas. Ternyata setelah ditelusuri di halaman deviantartnya ada FAQ yang menjawab semua kepenasarananku. Di FAQnya dijelaskan, ternyata setelah difoto, dia kemudian mempertegas pewarnaannya secara digital dan mengatur kembali kekontrasannya. Terus, sedikit mengomentari teknik menggambarnya yang awesome, itu dia bisa menggambar figur manusia secara proporsional. Itu bisa dilakukannya karena dia mensketsa terlebih dahulu menggunakan pensil, baru kemudian diberi tinta. Goresan garisnya nampak ditarik dengan tegas, berikut tebal-tipisnya, tanpa noda-noda kecil dipinggirannya. Untuk sementara saya simpulkan bahwa yang mempengaruhi hasil gambar diluar faktor skill, selain pena yang bagus, juga kertas tertentu yang memberikan hasil yang variatif. Si Gabriel Picolo ini menggunakan 9x14 cm Moleskine, acid-free paper. Dan terakhir, untuk goresan garis putih di atas hitam, itu dibantu oleh tinta putih, kalo-kalo ada kesalahan dalam penggoresan. Overall, it's trully awesome!

Berarti doodle punya saya pun sebenernya bisa dibuat lebih kereng (tegas) lagi dengan sedikit manipulasi digital. Ini contoh doodle yang sudah saya upload di deviantart, setelah sebelumnya dibuat lebih kontras dan hitam-putih menggunakan editor di Microsoft Office Picture Manager.

hasil editing contrast dan saturation menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Keliatan kan beda banget. Si warna blok hitamnya masih ada segmen-segmen putih. Terus kata Rinei, di Photoscape ada opsi untuk membuatnya lebih hitam. Setelah saya coba ternyata bener, lumayan ada peningkatan dari sisi ketajaman warna.

hasil editing deepen dan darken menggunakan editor Photoscape

Warna hitamnya lebih tegas setelah diedit dengan mode sharpen dan darken ke 100%. Kalo diedit lagi bagian-bagian bolongnya pasti lebih gagah.

Sekian. Ada yang baru tertarik buat latihan corat-coret? :D

2 komentar:

  1. :D Ada sedikit cerita mengenai pengalaman saya tentang doodle, ada salah satu teman sekelas saya suka banget nggambar doodle, btw dia cewek, tak perhatiin terus eh gambarannya keren. Awalnya sih cuman hitam putih doang, lama-kelamaan dia beri warna warna lain sekalian. Dan menurutku gambarannya cukup bagus. Biasanya di tengah2 doodlenya dia sisipin nama temen2nya, dia juga sering diminta buatin gambar2 kek gitu sama temen2. Overall, gambar doodle membuat lebih kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emang udah sering bikin, makin lama pasti makin bagus. Beberapa temen saya juga doodlingnya udah jadi hobi+profesi.

      Hapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^