Labels

Cari di blog ini

Daily Impression Mikir nglamun Refleksi

Bersedihlah Pada Waktunya

Silakan Ngomen
sumber: pixabay.com

Serupa dengan ungkapan 'buanglah sampah pada tempatnya', bersedih juga harus pada waktunya.

Kita seringkali atau kadang-kadang, gimana orangnya, bersedih. Bersedih bisa kapan aja. Bersedih kadangkala tidak mengenal situasi. Kadang lagi ketawa-ketiwi sama temen, tiba-tiba dapet kabar yang tidak mengenakkan, maka jadilah bersedih. Tapi ada juga orang-orang yang tiap harinya bersedih melulu, mau lagi di tempat rame ataupun sepi. Tiap menit kerjaannya termenung, manyun, ngelamun. Kadang sampe nangis. Bantal sampe berlumuran ingus, atau kalo di tempat umum tissue bertebaran dimana-mana. Yang ada orang bukannya iba, tapi jijay (jijik ya ampyuuun..).

Jangan dikira saya menduga-duga, karena itu memang benar. Tapi yang pasti saya juga pernah mengalaminya. Lalu saya inget-inget lagi perkataan Pidi Baiq, "jangan bersedih oleh karena kita dilahirkan dari ayah ibu yang bersenang-senang". Dipikir-pikir, bener juga. Ngapain sedih mulu, terkecuali bagi orang-orang yang emang hobinya sedih, yang sedih itu baginya adalah kenikmatan. Tapi jangan laah. Ga usah laah. Sedihlah secukupnya. Emang kesedihan itu bisa menggugurkan dosa, tapi jangan dibuat-buat juga.

Naah, muncul deh kata 'dibuat-buat'. Begitulah adanya, disadari atau tidak, mesti disadari. Pernah ga, kamu mengingat tentang masa lalu yang ga enak, lalu kamu bersedih? Saya pernah. Pernah ga kamu berpikir tentang sesuatu yang kamu khawatirkan terjadi di masa depan, lalu kamu bersedih? Whuoo saya pernah. Misalnya ngebayangin gimana nanti kalo orang tua saya meninggal. Dari situ saya sedih bahkan sampe nangis. Padahal kan orang tua saya belum meninggal. Okelah kalo dari situ saya langsung samperin orang tua saya, bercengkerama, ngobrol, minta maaf atas kesalahan, sun tangan. Tapi kalo tiap hari mikirin itu, lalu tiap hari sedih, sampe pengen tiap hari bareng mama-papah, sampe pengen tidur sekasur lagi sama mereka, sampe pengen disuapin lagi kalo makan, asa kacida ue euy! (kebangetan dah!).

Atau ada yang dibuat-buat yang lebih parah lagi. Misalnya, kamu yang punya pacar, ngebayangin gimana kalo nanti akhirnya putus sama pacar, lalu kamu bersedih saat itu, pernah ga? Setiap hari lagi mikir gitu. Tiap hari ga khusyu kuliah atau sekolah, gara-gara takut diputusin, padahal diputusin juga belum. Woi wooi, bangun, udah azan shubuh! Tapi saya pernah itu. Parah lah.

Malah ada yang lebih parah lagi. Kamu lagi suka sama cewe/cowo (yang lawan jenis okey..), terus tiap hari kepikiran aja wajah dia, senyum dia. Terus tiap hari juga kamu sedih. Sedih kenapa? Sedih, gimana kalo akhirnya kamu ga jadi sama cewe itu, atau gimana kalo ternyata dia jadian sama orang lain. Kamu galau. Eaa galauwww. Terus kamu mikir lagi, gimana kalo dia akhirnya nikah sama orang lain. Wadaaww, parah pisaaan. Belum jadian belum apa, udah takut ini itu. Mau jadi apa hidup, ga maju maju?? Eh, lu jangan tanya gue pernah apa engga yah, awas lu!

Udahlah, mending putuskan untuk menikmati hidup hari ini. Ga perlu risau dengan masa depan. Kebahagiaan itu katanya diciptakan, bukan dicari. Toh kesedihan pasti bakal datang. Ga ada orang yang ga pernah sedih. Maaf, orang yang katanya gila aja, saya pernah liat dia nangis! Udah itu ketawa lagi.

Poin utamanya adalah, bersedihlah pada waktunya. Jangan sia-siakan hidupmu hari ini dengan kesedihan yang ga perlu. Bersedihlah hanya pada situasi yang mengharuskanmu untuk bersedih. Emang bisa?? Cobain deh.. :)

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^