Labels

Cari di blog ini

Codeigniter Daily Development

Membangun Seri Tutorial CodeIgniter

1 comment
Rasanya bagi sebagian programmer web, CodeIgniter ini framework yang sudah hampir usang. Hal ini terjadi selain karena Ellislab sebagai pengembang CodeIgniter hendak menyerahkan kepengurusan kepada orang/lembaga lain, seperti diumumkan dalam salahsatu artikelnya http://ellislab.com/blog/entry/ellislab-seeking-new-owner-for-codeigniter, juga karena pergerakan pengembangan versi yang lambat. Terakhir rilis itu versi 2.1.4 bulan Juli 2013. Jarak waktu rilis dari versi 2.1.3 ke 2.1.4 cukup lama, hampir setengah tahun kalo ga salah. Fitur keren namespace yang ada di PHP versi 5.5 saja masih belum terintegrasi. Padahal banyak programmer CI yang udah nunggu fitur tersebut kompatibel di CI akhirnya sebagian pindah ke framework yang lain seperti Laravel.

Tapi, walau bagaimanapun sepertinya CodeIgniter tetap masih jadi pilihan sebagian besar para programmer PHP terutama programmer pemula. Hal ini dikarenakan CodeIgniter memang mudah dipelajari, dan sampai saat ini masih cocok untuk digunakan dalam pembuatan aplikasi web. So, saya akhirnya bikin lagi modul tutorial CodeIgniter yang simpel dan bisa dipelajari oleh programmer PHP yang baru kenal CodeIgniter.

Modul Ini sebenarnya saya gunakan juga di pelatihan CodeIgniter di salahsatu lab di kampus Ilmu Komputer UPI. So, baik modulnya maupun sourcenya sudah lumayan teruji lah, setidaknya sudah bisa membantu temen-temen saya belajar dasar CodeIgniter.

Seri tutorial ini rencananya akan saya bikin sampe tahapan yang intermediate. Mungkin sampai cara pakai dan bikin library dan helper sendiri, atau mungkin sampai memodifikasi file core dan mengintegrasikan plugin HMVC.

Mudah-mudahan bisa lancar dan sesuai target. Buat temen-temen yang pake tutorial ini ditunggu tanggapan dan masukannya biar lebih komplit dan efektif.

1 komentar:

  1. Oh iya, itu saya sudah liat. Kereeen! Temen saya Kang Jaka juga ikut nembangin kan ya?
    Siap-siap, nanti saya coba :D

    BalasHapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^