Labels

Cari di blog ini

Codeigniter Development PyroCMS

Bertemu dengan PyroCMS

2 comments
Sudah lebih dari setahun sejak saya mulai menggeluti Codeigniter untuk memenuhi keperluan tugas besar mata kuliah Basis Data, sempat terfikir untuk membuat Content Management System atau Sistem Managemen Konten seperti Wordpress dan Joomla, tapi menggunakan framework Codeigniter. Tapi kemudian saya fikir, andaikata udah ada CMS berbasis Codeigniter yang nyaman sesuai keinginan, kenapa harus bikin..

Awalnya ide itu datang dari permasalahan yang saya hadapi. Permasalahannya adalah Joomla punya fitur yang sangat besar, sedangkan untuk keperluan sederhana seperti profil perusahaan yang hanya memiliki beberapa halaman saja fitur besar tersebut tidak banyak digunakan. Akhirnya saya memilih menggunakan Wordpress karena selain lebih kecil ukuran programnya, struktur programnya pun lebih sederhana dan kode programnya lebih memungkinkan untuk saya ulik dibanding raksasa Joomla. Keperluan dasar pun sudah bisa diatasi oleh fitur-fitur yang dimiliki Wordpress. Masalah selanjutnya, ternyata saya perlu porsi waktu tidak sedikit untuk mempelajari Wordpress dan beradaptasi dengan gaya pemrogramannya untuk dapat membuat kustomisasi disana sini, padahal waktu yang dimiliki saat itu mepet. Untuk menambahkan plugin yang sudah ada saja saya sebagai programmer pemula masih merasa kerepotan. Kakak angkatan saya bilang, bermain Wordpress mesti ditekuni sebagai bidang tersendiri, mesti profesional.

Proyek mandiri pertama saya dengan teman saya Ruly adalah membuat aplikasi try out online STAN berbasis web dimana salahsatu fitur yang mereka inginkan adalah content management system, disamping fitur utama try out online. Kami menggunakan framework Codeigniter dan pada saat itu versi 2 sudah ada meskipun belum resmi dirilis di situsnya. Sebelum pengembangan aplikasi dimulai saya sempat mencari-cari barangkali sudah ada orang yang membuat CMS berbasis Codeigniter, niatnya agar keperluan CMS dapat dipenuhi tanpa harus bikin dari nol. Saya menemukan beberapa nama yang muncul hasil dari pencarian CMS berbasis Codeigniter. Pada kenyataannya, saat itu kapasitas keilmuan kami sepertinya belum mencukupi untuk bisa mengembangkan CMS yang sudah ada, sehingga aplikasi-aplikasi tadi nampak begitu besar buat kami dan sepertinya butuh waktu lebih banyak untuk mempelajari style coding dari masing-masing CMS itu. Walhasil, kami pun membuat content management untuk keperluan proyek tadi dari nol, itung-itung belajar CI lebih dalam.

Menemukan PyroCMS

Setelah proyek try out online lewat, terfikir lagi untuk membuat CMS sendiri yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan style coding pribadi. Saya kembali mengunduh satu per satu CMS berbasis Codeigniter yang sudah ada, mulai dari aplikasi yang sederhana untuk sekedar blogging, sampai aplikasi yang 'wah' yang punya fitur banyak dan tampilan yang cantik.

Salah satu CMS yang paling menarik perhatian saya adalah PyroCMS. Selain karena style codingnya yang rapi, mendukung HMVC, templating, juga karena salahsatu developernya Phil Sturgeon, orang yang dengan karyanya banyak membantu saya selama belajar dan bekerja dengan Codeigniter (Thanks to Phil ;-). Semua fitur dan kemudahan yang ditawarkan PyroCMS sesuai dengan keinginan saya. Sebagai programmer Codeigniter, bekerja dengan CMS berbasis Codeigniter akan sangat mempermudah pekerjaan. Akhirnya saya mengurungkan niat untuk membuat CMS sendiri dan menceburkan diri di PyroCMS.

Awalnya saya sempat 'ngeper' liat betapa lengkapnya fitur yang ditawarkan. Tapi saya memberanikan diri untuk mempelajari cara menggunakannya sampai membedah sedikit demi sedikit kode programnya. Setelah dicoba, ternyata sangat mudah untuk pengguna, dan sangat memudahkan pengembang untuk menambah fitur. Sekilas saya lihat strukturnya, tidak jauh berbeda dengan pemrograman sehari-hari menggunakan CI, malahan struktur foldernya yang hierarkis membuat pengembangan lebih mudah dibayangkan. Kemudahan membuat plugin semudah membuat MVC di Codeigniter. Sistem templating untuk temanya pun tidak muluk-muluk. Designer web yang belum pernah belajar CI pun sepertinya dapat dengan mudah menerapkan desainnya untuk digunakan sebagai tema di PyroCMS.

Saya rekomendasikan PyroCMS sebagai Content Management System khususnya untuk Sahabat-sahabat para developer Codeingniter. ;)

2 komentar:

  1. oh iya please kasih tuorial cara membuat blog di pyrocms
    nampaknya itu akan membantu banyak user untuk menghemat waktu
    sebelumnya dan sesudahnya mohon maaf dan terimaksih

    BalasHapus
  2. terimakasih sob sangat membantu sekali tutorialnya...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-kanker-otak/

    BalasHapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^