Labels

Cari di blog ini

Alpro Development Pendidikan Portfolio

Cyber Learning School Community, Media Online Penunjang Pembelajaran di Indonesia

Silakan Ngomen
Bismillah..
Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah media komunitas pembelajaran online alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia. Sistem ini diberi nama Cyber Learning School Community atau disingkat CLSC.

CLSC merupakan sebuah situs pembelajaran atau lebih dikenal dengan istilah eLearning, yang dipersiapkan untuk digunakan oleh pelajar dan guru di Indonesia sebagai fasilitas untuk belajar dan berbagi konten pembelajaran ke semua penguna antar sekolah yang terdaftar. Sistem ini menerapkan social network sebagai basis fiturnya. Banyak hal yang melatarbelakangi pembuatan CLSC ini. Di bawah ini akan coba saya uraikan beberapa.


Situs ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia. Mengingat UPI sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang menyandingkan kata 'Pendidikan' dan 'Indonesia', adalah sebuah tuntutan tersendiri untuk tetap melakukan percepatan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia dan menjadi pelopor di bidang pendidikan. 

Inovasi ini muncul setelah melihat fenomena dunia cyber yang mulai berkembang pesat di Indonesia, merambah terutama ke kalangan anak muda dan pelajar. Belasan situs jejaring dan situs warta menjadi bagian dari penyebaran informasi dan media komunikasi populer. Berdasarkan statistik pertumbuhan angka pengguna internet di indonesia (http://www.internetworldstats.com/asia.htm#id), Indonesia yang memiliki populasi sebanyak 245.613.043 (2011), sekitar 16% dari total populasinya, atau sebanyak 39.600.000 diantaranya adalah pengguna internet. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna inernet keempat terbesar di Asia, setelah negara China, India dan Jepang (http://www.internetworldstats.com/stats3.htm). Lebih jauh lagi, dari sekian banyak jumlah pengguna internet di Indonesia, sebanyak 34.850.920 diantaranya memiliki akun facebook, atau dengan kata lain 44 dari 50 pengguna internet di Indonesia adalah facebooker. WOW!

Melihat animo masyarakat Indonesia yang besar terhadap internet terutama kalangan muda, dengan angka peretrasi yang terus berkembang, memunculkan banyak ide mulai dari bidang bisnis sampai pendidikan untuk melakukan serangkaian inovasi di dunia maya. Landasan itu memang bisa dibenarkan, melihat angka pertumbuhan yang masih 16%, artinya masih banyak peluang besar peningkatan pengguna internet di Indonesia. Dengan asumsi ini, dibuatlah Cyber Learning School Community sebagai media penunjang pembelajaran berbasis online.

Lalu apa bedanya Cyber Learning School Community dengan situs pembelajaran lainnya?

Berdasarkan hasil pengamatan kami, Moodle sebagai Learning Management System yang populer digunakan di Indonesia dan banyak negara dibuat sedemikian rupa dengan berbagai fiturnya yang komplit dibuat sebagai alternatif pembelajaran khususnya pembelajaran jarak jauh. Cyber Learning School Community mengadaptasikan beberapa fitur dari Learning Management System dan Social Networking agar diharapkan pembelajaran online dapat berjalan lebih menyenangkan. Untuk tahap awal, sistem ini diterapkan baru di tingkat sekolah menengah.

Fitur dasar yang dimiliki oleh Cyber Learning School Community adalah posting status seperti yang terdapat pada social networking pada umumnya, Private Message dan Counseling yang memungkinkan komunikasi privat antara siswa dengan guru dan antar pengguna. Selain itu ada juga fitur agenda yang dapat digunakan sebagai reminder kegiatan pengguna dan undangan acara ke pengguna lain. Ada fitur document yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan dan berbagi secara online untuk berbagai tipe file dokumen seperti .doc, .docx, .ppt, dan .pdf. Dan fitur lain yang akan sangat berguna untuk pembelajaran adalah fitur multimedia yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten video, audio, video dari youtube dan untuk pengguna yang dapat membuat aplikasi berbasis flash dapat mengunggahnya disini.

Sistem ini juga menyediakan profile viewer untuk menampilkan informasi pengguna dan halaman sekolah untuk menampilkan data sekolah yang telah terdaftar dengan konten-konten yang selalu terupdate sesuai dengan aktivitas siswa dan guru sekolah tersebut di dalam sistem ini, sehingga sekolah dapat memiliki halaman web yang merepresentasikan sekolahnya dan berbagai kegiatan di dalamnya, sebagai alternatif dari web sekolahnya.

Terakhir dari tulisan ini, saya ingin mengatakan bahwa, teknologi ada sebagai sarana yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Teknologi dapat memberikan manfaat dan dapat juga menimbulkan kerugian karena seperti itulah karakteristik sarana. Kami mencoba untuk menjadikan teknologi sebagai sarana yang dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Melalui Cyber Learning School Community, kita semua berharap ada peningkatan kualitas individu terutama siswa dan guru sebagai pengguna utama sistem ini, dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Salam semangat untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia ;)

~Toni Haryanto
CTO web programmer Cyber Learning School Community

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^