Labels

Cari di blog ini

Bisnis Kewirausahaan

Menentukan Strategi Bisnis Berdasarkan Prioritas Kebutuhan Pasar

Silakan Ngomen
Bisnis berarti menjalankan seperangkat usaha untuk membuat atau mendistribusikan suatu produk atau jasa dalam rangka mengisi kebutuhan sekelompok orang sehingga mendapatkan manfaat profit dari usaha tersebut. Itu artinya untuk melakukan bisnis, terlebih dulu kita harus menentukan kebutuhan pasar apa yang ingin kita penuhi. Kebutuhan pasar berdasarkan prioritas pemenuhannya, terbagi menjadi tiga kelompok utama: kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier/luxury.

Ketika manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, maka tiga level kebutuhan tersebut berlaku. Orang akan terlebih dahulu memenuhi kebutuhan primer untuk bertahan hidup, baru kemudian kebutuhan sekunder dan kemudian kebutuhan tersier. Kebutuhan primer mencakup segala hal yang mempengaruhi kelangsungan hidup seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, dan pendidikan. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pelengkap menunjang efektifitas dalam hidup tapi tidak berpengaruh secara langsung terhadap kelangsungan hidup dan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, seperti transportasi, informasi dan hiburan. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan sekunder terpenuhi, mencakup segala hal yang lux/mewah.

Sedangkan berdasarkan Abraham Maslow, hierarki kebutuhan digambarkan seperti diagram berikut:



Baik konsep kirarki kebutuhan dasar maupun yang dikemukakan oleh Maslow, keduanya menggambarkan fakta bahwa semakin tinggi kebutuhan, maka semakin sedikit jumlah pasar. Atau dengan kata lain kebutuhan yang lebih bawah memiliki jumlah pasar yang lebih besar dari level kebutuhan yang di atasnya. Fakta inilah yang ingin saya tunjukkan sebagai salah satu patokan utama dalam merancang strategi usaha.

Maaf, bersambung..


0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^