Labels

Cari di blog ini

Codeigniter Development Repositori

CMS tanpa Database Server

Silakan Ngomen
Seminggu terakhir di akhir bulan Ramadhan, saya bersama Oriza salahsatu kru Nyankod, awalnya berencana membuat koleksi data statis yang nantinya bisa diakses dari internet. Koleksi data yang dimaksud itu seperti daftar provinsi Indonesia, daftar mata uang dunia, tarif jasa ekspedisi dan lain sebagainya. Kadangkala kita perlu data semacam itu di dalam aplikasi kita. Tapi setiap kali perlu ternyata mesti nyari lagi datanya. Nah pengennya, ketika perlu, tinggal cari aja di aplikasi, kalo ada tinggal tarik aja pake API gitu.

Ternyata, dari ide itu malah menjalar ke ide lain. Ketika mulai ngembangin, pake framework CodeIgniter, awalnya saya pasang static CMS berbasis file Fizl buat dokumentasi. Dari situ ternyata saya malah fokus mikirin penulisan dokumentasinya. Saya rombak sana sini itu sistem Fizl. Dan hampir 80% rewrite (karena memang sedikit file sistem Fizlnya). Akhirnya saya pisahkan itu sistem CMS dan menambahkan fitur blog di dalamnya.

Saya suka sistem ini karena dengan ini saya bisa bikin web dan mempublikasikan konten dengan cepat dan mudah, tanpa perlu buka browser. Tinggal bikin file, tulis konten, upload. Beres, konten pun sudah langsung tampil di webnya. Ga perlu instalasi database karena ga pake database server seperti MySQL dan PostgreSQL.

Saya memutuskan untuk membuat CMS ini sebagai produk yang berdiri sendiri, di bawah nama Nyankod. Saya kemudian bertanya di forum internal Nyankod untuk memberi nama CMS ini. Diputuskanlah satu nama yang akan kami publikasikan nanti ketika sudah siap rilis. Kami akan rilis nanti kalo dokumentasinya sudah rapih dan enak dibaca. CMS ini akan kami rilis di bawah salah satu lisensi open source dan dihost di github supaya temen-temen developer lain yang tertarik bisa ikut mengembangkan.

Tunggu saja yah tanggal rilisnya. Pantengin terus @NyankodTWEET dan fanpage Nyankod. :D

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^