Labels

Cari di blog ini

chat Mikir nglamun Pendidikan Tafakur Tole

"Sudah Kuduga"

4 comments
Pernahkah dalam hati kamu bilang "sudah kuduga", ketika menghadapi suatu kejadian atau jawaban? Contohnya ada percakapan begini:

  • Hendro (baca artikel): Nasi sambel telur, cuma seribu rupiah. ckckck
  • Tole: dimana?
  • Hendro: di Jogja..
  • Tole: sudah kuduga.

Kenapa Tole bisa bilang "sudah kuduga"? Karena ketika dia bertanya "Dimana?", dia sudah punya praduga atas jawaban dari pertanyaannya. Dia sudah menduga kalo harga makanan pokok yang murah itu biasanya di Jogja, karena mungkin dia pernah menemui hal tersebut atau sekedar mendengar informasi tersebut. Kalo kita sadari, setiap orang hampir pernah mengalami hal tersebut. Hanya saja tiadak semua orang melafalkan "sudah kuduga"nya. Sebagian mereka mengucapkannya hanya di dalam hati.

Kenapa orang punya praduga atas suatu hal atau jawaban atas pertanyaan yang diajukannya? Karena setiap manusia memiliki informasi awal yang menghasilkan asosiasi atau perkiraan atas kenapa suatu hal bisa terjadi. Manusia mendengar, melihat, membaca informasi dari sekitarnya. Dari informasi yang terkumpul itu terbentuklah semacam asosiasi yang menghasilkan pola-pola tertentu yang mudah dikenali. Hal paling sederhana dari pola ini adalah hukum sebab akibat. Pola yang lebih kompleks muncul dari gabungan antar pola sebab akibat yang pernah dia temui.

Kalo di makalah ilmiah, kita menemukan istilah hipotesis. Hipotesis ini membantu mempersempit arah penelitian, dengan memanfaatkan sejumlah informasi dan menguji informasi tersebut berdasarkan perkiraan hasi pengujian. Disadari atau tidak, sebenernya kita semua senantiasa membuat hipotesis dalam banyak kasus kehidupan, bahkan yang sederhana seperti dialog di atas.

Dari fakta inilah, kita melihat pentingnya sebuah informasi. Informasi didapat dari memperhatikan, menyaksikan, mendengarkan dan membaca. Dengan mengetahui fakta ini, mudah-mudahan kita bisa lebih semangat dan berbahagia untuk mempelajari apapun. :D

4 komentar:

  1. dan itu adalah percakapan barusan -_- haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi begitulah memang kalo ngeblog, tangkap dan ikat ide itu atau dia akan lepas tak berjejak.

      Hapus
    2. Ntar bisa bilang "Gila lu Ndro," ke si "Hendro"
      Wkwkwkwkwkwk...

      Hapus

terima kasih sebelumnya untuk tanggapannya ^_^